Tips Terbaik untuk Mencegah Penipuan Kartu Kredit
Image Source: pexels.com

5 Tips Terbaik untuk Mencegah Penipuan Kartu Kredit

Jika Anda khawatir tentang penipuan kartu kredit, Anda berada di jalur yang tepat untuk melindungi diri Anda dari menjadi korban. Faktanya adalah siapa pun dapat dengan mudah menjadi korban penipuan karena cara kita yang ceroboh dalam menangani informasi pribadi kita.

Jika Anda khawatir tentang penipuan kartu kredit, Anda berada di jalur yang tepat untuk melindungi diri Anda dari menjadi korban. Faktanya adalah siapa pun dapat dengan mudah menjadi korban penipuan karena cara kita yang ceroboh dalam menangani informasi pribadi kita. Berikut adalah lima cara teratas agar Anda tidak menjadi korban penipuan.

  1. Jangan pernah memberikan informasi pribadi yang diminta kepada orang asing

Kami selalu memberi tahu anak-anak kami untuk tidak pernah berbicara dengan orang asing. Namun, ketika seseorang menelepon dan berbicara kepada kita dengan ramah, kebanyakan dari kita akan dengan senang hati memberikan informasi apa pun yang diminta si penelepon. Untuk mencegah informasi pribadi Anda digunakan untuk melawan Anda, jangan pernah memberikan informasi penting tentang diri Anda kepada siapa pun yang tidak sepenuhnya Anda percayai. Dengan kata lain, jangan berikan nomor jaminan sosial, SIM, alamat lengkap, nomor kartu kredit, atau kombinasi dari hal-hal di atas kepada orang asing.

  1. Jangan membagikan informasi pribadi yang tidak aman melalui Internet.

Pada hari-hari awal, ketika Internet masih muda dan sebagian besar pengguna masih naif, spam adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan informasi pribadi dari peselancar yang tidak dikenal. Janji palsu lotere atau hadiah khusus dapat dengan mudah meyakinkan peselancar untuk berpisah dengan informasi pribadi Anda untuk sesuatu yang tidak penting atau tidak sama sekali. Sementara sebagian besar dari kita memiliki akal sehat yang lebih baik hari ini, Anda tidak boleh memberikan informasi pribadi apa pun kepada siapa pun melalui Internet, terutama detail kartu kredit Anda.

  1. Waspadalah terhadap situs phishing

Phishing adalah istilah yang terkait dengan situs web yang dibuat untuk meniru situs web nyata (seperti yang ada di situs perbankan online) dengan tujuan semata-mata untuk mendapatkan informasi dari Anda. Email akan dikirimkan menginformasikan Anda tentang perlunya mengakses akun kartu kredit Anda secara online untuk transaksi tertentu. Email tersebut akan berisi tautan, dengan halaman yang muncul untuk menghubungkan Anda ke situs akun Anda. Halaman ini sebenarnya tertaut ke situs phishing, yang berfungsi mengumpulkan informasi pribadi Anda secara ilegal. Terakhir, para penjahat ini akan menggunakan detail Anda untuk melakukan pembelian online atau bahkan untuk menggandakan kartu kredit.

  1. Periksa laporan bulanan Anda

Mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan sebelum Anda mengetahui bahwa orang lain telah menggunakan kartu kredit Anda tanpa sepengetahuan Anda jika Anda tidak meninjau laporan bulanan Anda secara teratur. Karena Anda tahu pola pengeluaran Anda, Anda pasti akan dapat mengendus sesuatu yang mencurigakan ketika total luar biasa Anda melonjak satu atau dua dolar. Selama Anda tidak memiliki anggota keluarga dengan kebutuhan pengeluaran yang tidak terkendali, ini adalah cara pasti untuk mengetahui bahwa seseorang telah menggunakan kartu Anda secara ilegal.

  1. Lindungi email Anda

Sebagian besar dari kita menerima surat kita begitu saja. Kami biasanya tidak mengunci kotak surat kami, padahal sebenarnya kami harus menguncinya. Surat kami berisi banyak informasi pribadi kami, terutama surat yang berasal dari bank, perusahaan asuransi, dan perusahaan kartu kredit. Jika seseorang mencuri surat Anda yang berisi informasi pribadi Anda, Anda akan kehilangan identitas Anda oleh pencuri ini bahkan sebelum Anda menerima surat pagi Anda.