BLT BBM Cair Rp 600 Ribu, Cek Penerimanya dengan Cara ini

Kabar baik datang dari  Kementerian Layanan Sosial (Kemensos), yang  mengatakan akan segera membayar Blt BBM Perioder pada  September 2022 bagi mereka yang membutuhkan bantuan dan terdaftar sebagai penerima kesejahteraan sosial.

Melalui Kementerian  Sosial, pemerintah  juga menjelaskan bahwa ada 3 jenis dukungan yang disalurkan, salah satunya adalah Bantuan Langsung Bahan Bakar Tunai (BLT) pada tahun 2022.    Proses pembayaran dana kesejahteraan sosial telah disalurkan pemerintah sejak kemarin, Kamis, 1 September 2022.

Total uang yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari BBM BLT pada September 2022 sebesar Rp 600 ribu. Lantas siapa saja penerima manfaat dari Bantuan Tunai Langsung (BLT) ini?

Penerima Manfaat BLT BBM 2022 yang  Memenuhi Syarat

Setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi pada Sabtu (3/9/2022), berbunyi:  Harga pertalite naik.

Risma, Menteri Sosial RI, mengatakan, menyikapi  kenaikan  harga BBM, pemerintah juga telah mengambil langkah-langkah dengan menyalurkan dukungan untuk membantu masyarakat mengurangi biaya keluarga dan terus meningkatkan daya beli warga.

@kemensosri Fuel Cash Direct Aid 2022, yang dikutip di akun Instagram-nya, akan didistribusikan kepada 20,65 juta penerima dalam dua kategori target.

  • Program KPM Sembaco/BPNT
  • Program Kpm Harafan Keluarga (PKH)

Jumlah support ini sebesar Rp 600.000 dan akan didistribusikan selama periode 4 periode, yaitu September hingga Desember 2022 atau  150.000 per bulan.

Adapun mekanisme pencairan, itu dilakukan dalam 2 tahap: Tahap 1 dibayarkan pada September 2022 sebesar bantuan sebesar Rp 300 ribu (periode September-Oktober).

Kemudian akan dibayarkan kembali pada Tahap 2 Desember 2022 dan Rp 300 ribu (pada periode November-Desember). Oleh karena itu, total cash support untuk fase 2 ini senilai Rp 600 ribu.

APLIKASI KEMENSOS

Untuk pengeluaran dana bantuan, Kementerian Kesejahteraan  Sosial  melanjutkan PT POS Indonesia sebagai tempat belanja.  Sedangkan  skema distribusi BBM BLT 2022 menggunakan  sistem tambahan dari masing-masing Bansos KPM.

Cara melihat  daftar penerima BLT

Dalam proses distribusi ini, kami  menggunakan data tetap berdasarkan data praktik sosial.  Untuk memeriksa  status  penerima manfaat,  ikuti metode ini:

  1. Buka halaman Link Aplikasi Kemensos.
  2. Kemudian ikuti langkah-langkah dalam panduan saat Anda berada di halaman.

Jangan berkecil hati karena mereka yang namanya tidak terdaftar akan tetap memiliki kesempatan untuk menyerahkan namanya sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke Program Keluarga Harapan atau Program Sembako/BPNT.

APLIKASI KEMENSOS